Mengajar


Mengajar menurut saya merupakan aktivitas memberitahu, membimbing, dan menilai.

Saya punya keyakinan bahwa setiap orang bisa mengajar. Cuma tidak semua orang bisa mengajar dengan baik. Mengajar butuh keterampilan yang wajib dilatih dan didalami secara terus-menerus.

Untuk itu, bagi Anda yang berprofesi  atau yang bergelut di dunia ajar-mengajar ini, perlu mengawali dengan memperhatikan tips berikut.
  
  • Pengajar harus memulai interaksi dan komunikasi dengan siswa, seperti memperkenalkan nama dan sedikit latar belakang. Hal itu berguna sebagai jembatan awal menumbuhkan keakraban antara pengajar dan yang diajar.
  • Memaksimalkan media yang ada. Bila menggunakan papan tulis untuk menuliskan materi, pengajar membagi atau membatasi papan tulis lebih dahulu menjadi  tiga bagian dengan alat tulis (spidol/kapur). Supaya setiap permukaan papan tulis dapat dimanfaatkan dengan maksimal, tanpa ada sedikit pun sisi yang kosong. Hal ini bertujuan menghindari dan meminimalisasi tindakan penghapusan tulisan yang berulang-ulang di papan tulis
  • Gunakan spidol yang berwarna-warni agar menarik perhatian siswa dan memudahkannya dalam memahami materi yang ditulis
  • Ketika menyampaikan materi tidak perlu terlalu cepat. Setiap siswa memiliki daya tangkap yang berbeda-beda sehingga penyampaian setiap kata dan kalimat harus diatur dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Demikianlah langkah sederhana yang bisa dipraktekkan bagi pengajar. Di samping memang terus mencari ilmu dan pengetahuan yang tiada batas. Saya menjadi ingat pernyataan dari seorang tokoh (lupa namanya) yang ditujukannya kepada pengajar bahwa jika Anda tidak mau belajar Anda harus berhenti mengajar.