Perbedaan Arti Pendapat dan Tanggapan



“Pendapat” dan “Tanggapan” adalah dua kata dengan sisi makna yang hampir serupa. Namun, berkat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) saya temukan nuansa di antara kedua kata tersebut.  Inilah kesimpulan interpretasi saya terhadap perbedaannya.

Pendapat adalah buah pikiran/anggapan terhadap suatu peristiwa atau keadaan. Peristiwa atau keadaan itu mencakup tentang permasalahan, seperti kriminalitas, pementasan drama, solusi banjir, penegakan hukum, dsb. Contohdari penggunaan pendapat ini dapat dipahami sebagaimana yang tertuang dalam pertanyaan 

“Apa pendapat saudara mengenai kenyamanan saat menumpang bus transjakarta setahun belakangan ini?” atau “Menurut Anda bagaimana mengatasi trauma anak-anak korban bencana erupsi gunung Sinabung di Sumatera Utara?” 

Kemudian Tanggapan adalah komentar atau umpan balik terhadap ucapan yang terlontar dari pernyataan seseorang. Kata tanggapan hanya digunakan pada saat memberikan pernyataan balik pendapat. 

Penggunaanya terdapat dalam kalimat sanggahan atau persetujuan. Contoh, “saya kurang setuju dengan pendapat anda bahwa....” atau “pernyataan anda sangat tepat. Untuk itu, saya menambahkan beberapa bahwa....”

Demikian penjelasan saya mengenai perbandingan makna antara kata pendapat dan tanggapan. Semoga paham dan bermanfaat.

17/01/2014

No comments: